PENGGUNAAN KOMPUTER DALAM
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Oleh : Reni Herawati
Pengertian
Komputer
Kata Komputer diambil dari bahasa
Latin “Computare” yang
berarti “menghitung” atau
dalam bahasa Inggris “to compute”.
Dengan demikian sesuai ejaan aslinya, komputer dapat diartikan sebagai alat
hitung (Davis, 1981:4). Komputer adalah alat hitung elektronik yang dapat
menerima, menyimpan, mengolah, menampilkan proses secara visual, dan menyajikan
data, serta bekerja di bawah kendali program yang tersimpan di dalamnya (stored program).
Secara umum,
komputer terdiri dari tiga bagian, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware (Tutang, 2001:5).
Perangkat keras adalah peralatan yang dapat dilihat dan disentuh misalnya Central Prosessing Unit (CPU), monitor, keyboard, mouse, printer, dan disket. Sedangkan
perangkat lunak merupakan program-program yang dapat digunakan untuk
mengoperasikan komputer. Brainware
adalah manusia yang mempunyai keahlian khusus mengenai pengolahan data dengan komputer,
misalnya sistem analis, programmer,
dan operator (Tutang, 2001:5-15).
Komputer
dalam Pengajaran
Pada masa
sekarang ini komputer sudah dipergunakan di berbagai sektor/bidang termasuk
pada bidang pendidikan. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan komputer dapat
mempertinggi efisiensi suatu pekerjaan yang disebabkan adanya kelebihan/manfaat
dari komputer. Kelebihan tersebut diantaranya adalah:
-
Dapat mengerjakan pekerjaan dengan cepat dan tepat.
-
Dapat menyimpan data maupun memanggilnya kembali.
-
Dapat memproses data/informasi dalam cakupan besar.
Bahkan
dengan adanya perkembangan teknologi khususnya dalam program-program
aplikasinya, saat ini komputer semakin memberikan manfaat yang besar di dunia
pendidikan baik itu membantu dalam bidang administrasi maupun dalam bidang
instruksional.
Komputer
dalam Pembelajaran Matematika
Banyak
masalah dalam matematika yang sukar dan hampir tidak bisa dilakukan oleh
manusia dapat dengan mudah dilakukan oleh komputer, misalnya untuk menggambar
grafik fungsi dalam ruang dimensi tiga. Dalam hal menghitung, kecepatan dan
ketepatan komputer sukar dicari tandingannya. Hal ini karena kemampuan komputer
untuk membuat animasi dan visualisasi dari suatu objek. Kelebihan yang
dimiliki oleh komputer ini, sangat diperlukan dalam pembelajaran
matematika.
Dalam
pembelajaran matematika, komputer banyak digunakan untuk materi yang memerlukan
gambar, animasi, visualisasi dan warna, misalnya geometri. Dengan komputer,
siswa dapat termotivasi untuk menyelesaikan masalah-masalah geometri. Satu hal
yang paling penting adalah komputer dapat membuat konsep matematika (khususnya
geometri) yang abstrak dan sulit menjadi lebih konkret dan jelas (Clements,
1989:12).
Selain untuk
geometri, komputer juga dapat digunakan untuk materi matematika yang lain.
Komputer dapat digunakan dalam aljabar, misalnya untuk menyelesaikan sistem
persamaan linier; dalam kalkulus, misalnya untuk menggambar grafik; dan dalam
aritmetika, misalnya untuk melatih kemampuan berhitung. Selain itu masih banyak
lagi materi matematika yang dapat diajarkan dengan menggunakan komputer
(Abdussakir & Sudarman, 2000:5).
National
Council of Supervisor (dalam
Clements, 1989:14-15) menyatakan bahwa komputer lebih baik digunakan untuk
mengembangkan 10 kemampuan dasar dalam matematika, yaitu (1) problem solving, (2) aplikasi
matematika dalam kehidupan sehari-hari, (3) menghitung peluang, (4) melakukan
estimasi dan aproksimasi, (5) kemampuan berhitung, (6) geometri, (7)
pengukuran, (8) membaca, menginterpretasi dan mengkonstruksi tabel, diagram dan
grafik, (9) penggunaan matematika untuk prediksi, dan (10) “melek” komputer.
Komputer
telah memainkan peranan penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan
berbagai studi tentang penggunaan komputer dalam pembelajaran matematika
ditemukan bahwa hasil belajar siswa yang belajar matematika dengan komputer
lebih baik daripada yang tidak menggunakan komputer (Lockard dkk, 1990).
Baca
lengkapnya yuk, di :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar